Jumat, 31 Januari 2014

Chicken Chese Macaroni

Chicken Chese Macaroni



Dear NCCers, Host NCC Chese Week,

Pemula, member pasif, mau ikutan seru-seruan di NCC Chese Week. Ini setoran yang pertama banget. Langsung aja, saya terinspirasi waktu buka puasa ramadhan tahun lalu, di salah satu Mall di sekitaran TB.Simatupang  Jakarta Selatan. Saya menemukan Tempat makan yang menu makanannya hanya menggunakan bahan dasar TELUR & AYAM. Salah satu menunya Chicken Macaroni. Waktu pertama kali mencoba...wowww...mozarella menari-nari di mulut hemmm...langsung saya amati, saya lihat ada apa saja didalam menu ini, ( mau nanya sama chef nya, ga mungkin kali yaaa...secret,,private and privacy receipe hhheheehe..jadinya mereka-reka sendiri. ) pokoknya setiap suapan demi suapan, saya amati. saya menemukan potongan jahe dan selembar bayleaf. selebihnya hanya macaroni, ayam, keju dan rasa susu yang enak banget...hemmm...disajikannya di mangkuk kecil apalah namanya, yang pasti pinggan tahan panas. soalnya waktu disajikan di tataki bawahnya seperti talenan gitu,,memang panas..huuffff...langsung kita ke resepnya aja yaa...( ini menurut versi saya, walau jauh dari sempurna, setidaknya mendekati lah hehehhee..)

Chicken Chese Macaroni
Lis Suwandi

Bahan A :
- 250 gr macaroni ( rebus 3/4 matang / aldente. sisihkan )
- 500 ml susu cair
- 4 butir telur ( kocok lepas )
- 100 gr keju parut ( mozarella, quickmelt, atau apa saja,,boleh )
- 50 gr keju parut untuk taburan

Bahan B :

- 250 gr dada ayam ( rebus, suwir kasar, sisihkan )
- 200 gr jamur kalengan ( berat bersih, sesudah dibuang airnya, iris tipis, cuci bersih, tiriskan )
- 3 sdm minyak untuk menumis
- 50 ml air


Bumbu yang dihaluskan :

- 8 siung bawang putih ( sesuai selera, jika tidak suka boleh dikurangi )
- 1/2 sdt lada butiran ( kalo yang suka pedas, boleh ditambahkan )
- 1/4 pala bubuk
- garam secukupnya
- gula secukupnya ( aku pakai 1/2 sdt gula pasir )

Bahan C :

- 3 sdm margarin
- 3 sdm tepung terigu
- 500 ml susu cair
- 100 gr keju parut
- garam & merica secukupnya

Cara Membuat :

1. Panaskan oven dengan api kecil, siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarin, tipis merata. sisihkan.

2. Masak bahan B. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, hingga wangi, masukan suwiran ayam, aduk rata. tambahkan jamur, aduk rata. tambahkan air, beri gula secukupnya. matikan api. sisihkan.

3. Masak Bahan C. Panaskan margarin, masukkan terigu, aduk rata. beri susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dan tidak menggumpal. tambahkan keju parut. beri garam dan merica secukupnya. masak sampai meletup-letup. matikan api. sisihkan.

4. Penyelesaian : Dalam wadah baskom, masukkan Bahan A, aduk rata. Masukkan Bahan B, aduk rata. Tuang di pinggan tahan panas yang sudah di olesi margarin. ratakan. Tuang Bahan C diatas adonan macaroni. ratakan. Taburi keju parut.

5. Panggang hingga matang atau sampai warna kuning kecoklatan.

6. Angkat. Sajikan.

NB : Proses pemanggangan tergantung oven masing-masing yaa..kalo aku, menandai macaroni sudah matang atau belum, aku lihat dari toping kejunya, sekiranya warnya sudah kuning kecoklatan, aku matikan api. ohh yaa..aku menggunakan api kecil, jadi sedikit lama, bisa santai sambil BBMan, sambil browsing, sambil tidur, atau sambil jalan-jalan ke markas NCC juga bisa hehhehehe *becanda. kalo pake api sedang, atau besar...bawahnya sedikit gosong dan toping atasnya juga kelihatan coklat gitu...karena aku sering buat, jadi aku pake api kecil biar pas hehhehe...

Happy Baking & Chese Regard

Lis Suwandi

Tidak ada komentar: