Kamis, 02 Desember 2010

Keripik Bawang Idul Adha

Keripik bawang yang semua orang juga suka, juga selalu ada di toples kalo hari raya tiba, masih menggunakan resep tetanggaku yang baik sekali, mereka tahu aku pemula, makanya dikasih resep traditional yg ga pake bahan macam macam..hahahaha...mereka tahu juga kalo aku kerja, jadi waktu di dapurnya sempit banget,,,mepet..makanya cari resepnya yg mudahhhhhh bangetttttt...hehhehee...mama tika terimakasih resepnya.sebelumnya sudah pernah di posting, tapi yang ini ga pake keju sama sekali, tapi empuk juga.

Keripik Bawang Idul Adha
By Mama Tika

Bahan :

1 kg Terigu ( kayaknya ga habis 1 kg deh...sedikit demi sedikit yaa )
100 cc Minyak goreng ( 1/2 gelas kecil, dipanaskan terlebih dulu.aku pake FILMA )
2 bungkus Bumbu penyedap masakan ( aku pake masako rasa daging sapi )
Garam ( sesuai selera yaa, kalo aku ga pake garam sama sekali, ga suka asin )
200 cc Air ( kalo masih keras, boleh ditambahkan air lagi, pokoknya sampe kalis deh )
5 siung Bawang putih ( dihaluskan, biar keripiknya wangi  bawang )
Daun seledri secukupnya.
Minyak untuk mengoreng

Cara Membuat :

1.Taruh terigu di wadah, tambahkan minyak panas,aduk mengunakan sendok sayur atau spatula, hati hati minyak panas, jangan langsung pake tangan,nanti melepuh.aduk rata.
2.Tambahkan air,tambahkan bumbu penyedap,bawang putih,aduk rata sampai kalis
3.Kalo masih keras adonannya, tambahkan air lagi sedikit demi sedikit.sampai kalis dan dapat di pulung
4.Ambil adonan. cetak di mesin penggiling..dari angka 2.terus ke 5..terakhir ke 6 biar tipis biar jadinya banyak ( ukuran ketipisan mesin penggiling itu beda beda yaa..ada yang dari 6 ke 1...kalo saya sebaliknya dari 1..ke 6 yg paling tipis )
5.Potong sesuai selera, bisa bentuk segi empat, kotak, segitiga,trapesium..bebas berkreasi yaa.
6.Panaskan minyak goreng, goreng hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.angkat tiriskan, taruh ditoples yg kedap udara...

Tidak ada komentar: