Sabtu, 15 September 2012

Oenbitjkoek


Kali ini mau makan kue oenbitjkoek, hunting resep di internet, lupa punya siapa, buat yang udah share resep, terimakasih banyak...


Oenbitjkoek
By 

125 gram gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur
campur rata :
125 gram tepung terigu
1 sdt peres kayumanis bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt cengkih bubuk
taburan :
50g kenari, iris tipis (aku pakai Almond Flake)


Cara Membuat :

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Catatan:
  • Kocokan telur pastikan kental dan mengembang, warna kocokan telur akan berubah dari coklat menjadi lebih pucat.
  • Untuk variasi rasa, aku memasukkan kismis ke dalam adonan. Kismisnya tidak aku rendam, langsung cemplung saja :)
  • Pakai loyang bulat / tulban.
  • Untuk bumbu kuenya, aku pakai 1 sdt kayu manis dan 1/2 sdt bumbu spekuk, soalnya aku tidak punya pala dan cengkeh bubuk. Hasil akhirnya hmm wanginya bikin pengen buru-buru nyicipin kue-nya panas-panas, hahaha (buat yang suka wangi rempah ya… Ada juga  yang tidak terlalu suka dengan wangi kayu manis dan teman-temannya ini kan?)
  • Aku langsung tabur Almond Flakes dari awal sebelum dipanggang, supaya tidak usah bolak-balik angkat loyang dari oven untuk tabur topping kacangnya.
  • Suhu pemanggangan aku set 180C, matang setelah 30 menit (tanpa disela proses tabur kacang ya)


Tidak ada komentar: