Kamis, 05 Agustus 2010

Rawon



Hidangan soto dalam bentuk yg lain memang banyak, seperti rawon dari surabaya ini, resep aku minta sama bude dan mbah ku yang asli jawa timur. Bapak aku suka banget loh...padahal dulu ga doyan,,tapi karena banyak dijual di pinggir jalan atau rumah makan, jadi penasaran rasanya kayak gimana?. akhirnya aku coba buat sendiri, mulai dari beli bumbu instant, tapi agak kurang enak rasanya, mending searching di internet. banyak pilihan. Pilihan resep aku cari yg sangat mudah...hehhehee ( biasa..malas )..yuk..membuat rawon, coba hasilnya sama ga sama yg dibuat sama bude dan mbah ku ???

Rawon
By Mbah ku modifikasi Lis Suwandi

Bahan :

250 gr Daging ( cuci bersih, potong kecil kecil, sisihkan airnya untuk air kaldu )
1 Batang Serai
10 Lembar Daun Jeruk ( kalo sedikit ga wangi, makanya aku pake banyak )
2 Lembar Daun Salam
1 Buah Lengkuas ( Digeprek )
1 Ltr air
Garam Secukupnya
Penyedap Rasa Secukupnya ( aku pakai SASA )
Minyak untuk menumis

Bumbu Yang Dihaluskan :

1 sdm  Ketumbar sangrai
1 sdt Lada
8 Bawang Merah
4 Bawang Putih
3 cm Kunyit
5 cm Jahe
4 Kemiri
6 Kluwek / kluwak ( Dibuka, diambil isinya.rendam air panas 100 ml )

Cara Membuat :

1.Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas ,tumis hingga wangi
2.Masukkan daging, aduk rata. biarkan daging meresap di bumbu, matikan kompor.
3 Didihkan air masak hingga mendidih, tambahkan air kaldu daging sisa merebus daging.
4. Masukkan tumisan bumbu dan daging kedalam air yg mendidih.aduk rata.
5. Tambahkan garam dan penyedap masakan, jika sudah matang angkat dan sajikan.

NB: Untuk Kluweknya, pilih yg berat sewaktu membeli di pasar.Rawon bisa disajikan dengan bahan pelengkap yg lain, seperti toge pendek, empal daging, kerupuk udang, sambel cabe rawit jawa ( biar pedas ), telur asin dan perkedel singkong.

Tidak ada komentar: