Rabu, 14 Juli 2010

Keripik Bawang



Karena dirumah lagi ga ada cemilan ( gimana ga jadi gajah ? cemilan muluuuu ), toples juga udah pada kosong, belum belanja, sibuk kerja juga, belum sempat obrak abrik dapur,..padahal kalo ke dapur juga..cuma ngelihat bahan yg ada..udah gitu searching di internet..ga ada ide..jadi malas deh..tergantung niat sih..kalo ke dapur..mau masak..apa mau apa??? yaa..mau masak lah..belajar..belajar..dan belajar..ketemu bahan yg namanya cream chese..dari beli..sampe mau kadaluarsa..ga tahu mau dibuat apa? beli doang..." dibikin keripik aja tuh, kayak waktu lebaran, udah kejunya ganti sama cream chese aja ! " ( ade gw nyeletuk kayak gituh )..kalo dibantuin nyetaknya..gapapa..kita bikin...ya udah..ade gw agree tuh..kayaknya ( tumben ) biasanya ga mau loh...derita gw kalo lagi masak..lonely..finally kita buat deh..semuanya bahan banyak yg diganti..ya..coba coba aja..siapa tahu rasanya..lebih enak..eh...ga tahunya...yg ini mah empuk banget...melebihi chese stick lebaran. resep asal asalan..

Keripik Bawang
By Lis Suwandi

Bahan :

1 kg Terigu ( kayaknya ga habis 1 kg deh...sedikit demi sedikit yaa )
100 cc Minyak goreng ( 1/2 gelas kecil, dipanaskan terlebih dahulu.aku pake FILMA )
2 bungkus Bumbu penyedap masakan ( aku pake masako rasa daging sapi )
Garam ( sesuai selera yaa, kalo aku ga pake garam sama sekali, ga suka asin )
100 gr Cream chese ( dari kraft )
200 cc Air ( kalo masih keras, boleh ditambahkan air lagi, pokoknya sampe kalis deh )
5 siung Bawang putih ( dihaluskan, biar keripiknya wangi  bawang )
Minyak untuk mengoreng

Cara Membuat :

1.Taruh terigu di wadah, tambahkan minyak panas,aduk mengunakan sendok sayur atau spatula, hati hati minyak panas, jangan langsung pake tangan,nanti melepuh.aduk rata.
2.Tambahkan air,tambahkan bumbu penyedap,bawang putih,cream chese,aduk rata sampai kalis
3.Kalo masih keras adonannya, tambahkan air lagi sedikit demi sedikit.sampai kalis dan dapat di pulung
4.Ambil adonan. cetak di mesin penggiling..dari angka 2.terus ke 5..terakhir ke 6 biar tipis biar jadinya banyak ( ukuran ketipisan mesin penggiling itu beda beda yaa..ada yang dari 6 ke 1...kalo saya sebaliknya dari 1..ke 6 yg paling tipis )
5.Potong sesuai selera, bisa bentuk segi empat, kotak, segitiga,trapesium..bebas berkreasi yaa.
6.Panaskan minyak goreng, goreng hingga kuning kecoklatan atau hingga matang.angkat tiriskan, taruh ditoples yg kedap udara...

Nb : Kalo yg suka daun bawang bisa ditambahkan juga.Bisa untuk di makan dengan bakwan malang atau  baso.memang tidak menggunakan telur dan mentega ya, tapi rasanya empuk banget, renyah banget, sampe mau naro di toples, harus hati hati, kalo ga hancur semua..saking tipisnya saking renyahnya.



Tidak ada komentar: