Selasa, 06 Juli 2010

Sayur Lodeh

Menu makan siang kemarin, adikku pilih sayur lodeh, tempe goreng, dan perkedel.bumbunya warisan almarhumah ibu, kalo beda rasa..yaaa wajarlah..behind the man .. hehehehe ..dimakan pake nasi hangat enak banget. apalagi tambah sambel... belanjanya yg udah dipaketin sama tukang sayurnya.jadi udah komplit..enaknya..tinggal masak, tapi kalo ada sayur yg ga disuka , saya langsung sisihkan alias ga saya pake, kayak melinjo, daun melinjonya juga sedikit aja, biar kelihatan ijo royo royo...udah ah masak dulu...

Sayur Lodeh
By  ( Alm.ibu ) modifikasi Lis Suwandi

Bahan:

1 jagung manis ( potong jadi 5 bagian, kalo mau lebih, boleh.cuci,sisihkan )
2 buah wortel ( kupas, potong sesuai selera, cuci, sisihkan )
1 buah labu siam ( kupas, potong kotak kotak sesuai selera, cuci, sisihkan )
5 lembar kacang panjang ( potong 5 cm , cuci, sisihkan )
daun melinjo ( saya cuma pake sebagian )
melinjo ( saya ga pake sama sekali, jadi saya sisihkan yaa )
daun bawang / seledri ( bersihkan, potong halus, cuci,sisihkan )
1 ltr air ( tergantung selera.mau kuah kental atau encer )
santan instant ( saya pake sun kara 2 kotak )
daun salam
garam / gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

5 cabe merah
7 bawang merah
4 bawang putih
kemiri

Cara Membuat :

1. Rebus air dan santan, tambahkan daun salam.masak hingga mendidih.
2. Masukkan jagung manis, labu siam, wortel, masak kembali.
3. Masukkan bumbu yg dihaluskan.aduk rata.
3. Tambahkan kacang panjang dan daun melinjo.masak hingga matang
4. Beri garam secukupnya. gula secukupnya, aduk rata.masak hingga mendidih.angkat hidangkan


Tidak ada komentar: