Sabtu, 17 Desember 2011

Semur Betawi

Paling suka sama menu ini, semur betawi..itu top markotop..walau saya orang jawa, saya selalu buat semur betawi loh...hehhehe..soalnya, dia punya rasa khas sekali, sedap benerrrr...resep ku copas dari bu guru cantik fatmah bahalwan yang punya NCC...mari kita intip sodara sodara...resepnya..this is it :)

Semur Betawi
By Fatmah Bahalwan

Bahan :

500 gr     daging sapi haas, potong-potong
1 bh        tomat, potong-potong ( aku ga pakai )
8 btr        bawang merah, iris halus
3 lbr        daun salam
5 btr        cengkeh
5 cm       kayu manis
10 sdm   kecap manis ( aku lebihkan, aku suka kecap ..hihihi..)
1 sdt       garam
½ sdt      pala bubuk
1 ltr         air
1 sdm     margarine, untuk menumis ( aku pakai minyak goreng )
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu, dihaluskan:
8 bh        bawang putih
8 btr        kemiri
3 cm       jahe
2 sdt       ketumbar
2 sdt       jintan


Cara Membuat Resep Masakan Semur Daging Betawi:
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan bawang merah hingga harum, masukkan daging, kecap manis, garam, pala, daun salam, cengkeh, kayu manis. Aduk rata
  • Tuang air,  Masak hingga meresap dan matang. Angkat
  • Hidangkan dengan taburan bawang goreng

Tidak ada komentar: